recent posts



Jika Anda ingin men-download trailer ini (tanpa tambahan apapun di browser Anda) silakan klik di sini.

Kamis, 22 September 2011

Jakarta Biennale dan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

 

Pulang (Haryati Chaerudin)

Tahun ini, event Hari Kesehatan Jiwa Sedunia agak berbeda dari biasanya, karena Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) dengan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), sebagai dua organisasi konsumen terdepan yang memperjuangkan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) menjalin kerjasama dengan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Adapun event yang diusung adalah Apresiasi Seni Rupa Orang dengan Masalah Kejiwaan; dengan 3 (tiga) kegiatan utama yang dipusatkan pada Hari Minggu, 16 Oktober 2011 di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Kegiatan pertama adalah melukis bersama di kanvas sepanjang 150 meter di Plaza Teater Kecil TIM, yang akan diikuti oleh ODMK dari berbagai institusi, termasuk perwakilan dari berbagai rumah sakit, Yayasan Autisme Indonesia, dan ODMK dari berbagai panti di seputaran Jakarta. Kegiatan kedua yaitu pameran hasil workshop melukis oleh ODMK anggota PJS dan KPSI (workshopnya telah berlangsung sejak bulan Juni 2011). Pameran lukisan akan berlangsung sejak tanggal 16 hingga tanggal 28 Oktober. Juga tidak menutup kemungkinan juga akan mengikutsertakan lukisan-lukisan yang telah dibuat oleh ODMK yang mengikuti Program Rehabilitasi Mental di RS Soeharto Heerdjan, Grogol, Jakarta.

Kegiatan ketiga adalah diskusi seni, yang terbagi menjadi dua:
1. Diskusi “Seni dan Gangguan Kejiwaan (Art and Madness)” dengan pembicara Nova Riyanti Yusuf dan Paul Agusta.
2. Diskusi “Kota dan Gangguan Kejiwaan” dengan para pembicara Marco Kusumawijaya dan dr. Hervita diatri, SpKJ(K).

Oh, ya. Jakarta Biennale tahun ini mengambil tema “Jakarta Maximum City: Escape or Survive?.”

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi anta_samsara@yahoo.co.id (PJS) atau info@kpsi.org (KPSI).

Tidak ada komentar: